Minggu, 11 Juni 2017

KENAPA SUSAH HAMIL...? Perlu Bunda & Suami Tahu


OAT menjadi faktor penghambat besar sulit hamil pada suami bunda.
OAT 👉 kondisi dan gangguan pada sperma yang mencakup
→oligozoospermia (jumlah sperma sedikit/kurang)
→asthenozoospermia (gerak sperma lemah/tidak gesit)
→teratozoospermia (bentuk sperma abnormal).

OLIGOZOOSPERMIA
Volume cairan semen dalam satu kali ejakulasi, normalnya 1.5 – 5 mililiter. Kandungan sperma dalam tiap mililiter semen normalnya berisi sekitar 50 juta – 150 juta sel. Kurang dari jumlah itu disebut sperma kurang, dapat mempengaruhi kegagalan pembuahan.
ASTHENOZOOSPERMIA
Untuk dapat berenang dari vagina dan mencapai sel telur di tuba fallopi, sperma harus punya gerakan yang tepat. Ekor sperma punya peran penting, yaitu sebagai pendorong gerak sperma mencapai sel telur. Astenozoospermia adalah keadaan dimana motilitas sperma laki-laki kurang dari 40% (dibawah normal).
TERATOZOOSPERMIA
Kerusakan/cacat pada bagian kepala, badan atau ekor sperma berdampak pada ketidakmampuan sperma untuk membuahi sel telur. Karena bentuk sperma yang abnormal membuatnya tidak gesit berenang menuju sel telur.
Penyebab OAT
Obat-obatan tertentu, seperti steroid (sering disalahgunakan untuk membentuk otot), dan obat untuk mengobati radang, tekanan darah tinggi, kanker dan depresi) bisa mempengaruhi kesuburan pria.
Genetik: faktor turunan yang diturunkan lewat DNA. Gen dapat mempengaruhi produksi sperma dan pergerakannya.
Hormon: Gangguan pada testis dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat mempengaruhi produksi sperma.
Gaya hidup: Merokok, minum alkohol dapat menyebabkan masalah dengan produksi sperma. Lingkungan yang polusi dan bahan kimia juga dapat menurunkan kualitas sperma.
Varikokel: Varikokel adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah (pembuluh darah) di skrotum yang membesar dan membesar (melebar)

Sedangkan kita tahu sperma menjadi modal dan kunci utama keberhasilan dalam pembuahan sel telur.
Selama sperma bermasalah maka tdk akan mampu membuahi sel telur.
Sel telur bagus, matang tp sperma encer bahkan OAT sama saja bohong, begitu juga sebaliknya Sperma bagus sel telur kecil2 dan tdk mampu dibuahi maka peluang hamil hanya beberapa % saja kan bun?
2 bibit ibi menjadi faktor penting jika ada masalah dari salah satu bahkan keduanya sulit terjd pembuahan, dan jikapun berhasil terbuahi maka akan rentan terjadi keguguran.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar